Wisata Mancing Laut di Semarang

Saat memutuskan memiliki hobby, tentunya kontinuitas hobby itu sendiri dipengaruhi berbagai macam aspek.

Waktu, biaya, dan terbesar, senang/tidaknya kita dengan hobby tersebut.

Suamiku, mas Rinto, sangat-sangat-sangat senang memancing. Sekali diajak mancing, tak ada batasan waktu buat dia. Sebut saja berangkat jam berapa, mas Rinto akan siap. 🙂

Jam 1 pagi? Ayyo! Jam 12 siang? Smakin ayyo!

Eh, mang nggak kerja?

😀 Itu dia. Beberapa bulan terakhir, mas Rinto memang masih mocok’an. Alias kerja serabutan.

Satu tempat favoritnya, adalah Dam Ijo dibawah ini.

Musim Jolong di Semarang

Dam Ijo

Dam Ijo sebenarnya dam pemecah ombak di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Dam lainnya dinamakan Dam Abang [Merah]. Ijo dan Abang, karena lampu penunjuknya ya memang Hijau dan Merah 🙂

Heh? Mancing disitu dapetnya apa? Kerapu, kakap putih dan banyak lainnya..

Nggak percaya?

Ni:

Kerapu-Semarang

Ini kerapu lumpur seberat kira-kira 14Kg. Saat dinaikkan Oktober 2005 lalu, joran yang dipakai adalah joran handmade! Meski memang menggunakan reel Exory seri 3000 dan kenur kelas 40lbs.

Kakap Putih Yang ini, Kakap Putih aka ceplek..Yang mengajar Doni, teman mancing ter-update mas Rinto 😉 Sayang, jorannya joran tradisional aka pring doink [bambu]. Jadi susah mengklaimnya di rekor Formasi 😀

Bagaimana bisa sampai ke dam Ijo/Abang?:

  • Berangkat dari mana saja, pastikan Anda sampai dikawasan pantai daerah TPI Tambak Lorok atau mercu suar Barutikung.
  • Kontak salah seorang Tukang Perahu di kedua lokasi tsb. Mas Rinto dan teman pemancingnya biasanya memakai jasa Pak Sukron. Rumahnya persis diujung kampung TPI Tambak Lorok.
  • Tarif minimal Rp 7.500,-[tujuh ribu lima ratus rupiah] PP, dam Ijo/Abang-TPI Tambak Lorok.
  • Tarif Tukang Perahu lainnya rata-rata Rp 5.000,-[lima ribu rupiah] sekali antar.

Info langsung dari mas Rinto yg gi ngeliatin disebelah 😀 [dan skarang gi ngambil peta Hot Spot di Pantai Tanjung Mas Semarang. Klupaan dibawa tadi..]. Sedikit catatan, Patung DewiLanjar yang berada di Dam Abang hanya tinggal kaki doang 😀 Meski hanya tinggal kaki, saat pasang sedang tinggi-tingginya, tetep bisa buat pegangan koq. He he he..

Catatan khusus lainnya, di kedua Dam ini, Anda harus mengenakan alas kaki yang ada pullnya [seperti sandal kesehatan –alasnya dibalik, atau sepatu sepakbola]. Kedua dam ini semakin hari memang semakin lumutan, dus membuatnya menjadi sangat licin.

Ah, ia..Dari tadi-tadi, slalu mas Rinto dan Mas Rinto. Orangnya mana?

He he, nggak sama ikan hasil pancingannya ya. Cuma pake kaos Boat House doang 😉

Advertisements

Author: RintoSetiya

MomBlogger dan kontributor web travel serta hobiis mancing. Angler lady wanna be..

37 thoughts on “Wisata Mancing Laut di Semarang”

  1. Huebat Bossss….
    Kapan Mancing Di Mangkang tak tunggu….!!!
    Depan Kayu Lapis Kakap & Kerapu Guedeeee….Guede…Pokoknya sip lah…………..

    1. mas bro..mnta nopenya..ayo aku di ajak mancing di sana,pgn mancing di sana tp gak ada tmnnya..call aku y,085640925939 andru,di semarang,
      mancing di semarang ud bosen gak ada spot mancing yang jozz..tak tunggu kabarnya mas bro..

  2. Mas tak tunggu neng Mangkang…
    ayo mancing bareng…!!!!
    ngarep kayu Lapis ceplek…gedi2
    kapan ono wektu…
    Cah Mangkang sebut wae Raden Mas Khenter Sudawirat

    1. mas lak meh mancing kbr2…q seringe manceng ng dam plbhn kno yo rame iwak e mas
      lak meh mceng sms q ng no ki ya ms:085789982291

  3. Hebat mas, dapat ikannya besar-besar, kayak yang di tv trans7 itu pak dudit. Saya sebenarnya juga hoby cuma kadang nggak ada temen dan belum tahu tempat favorit mancing. Kalau di dam merah udah sering. Kapan aku di ajak ya..

  4. mas saya suka mancing di dam buat mancing di dam itu.. enaknya bulan yg bagus bulan apa? kenal ma tukang perahu yg punya rempon jitu ngk? thx…

  5. mas boman/mas rinto…..memang maniak mancing
    tenan
    salamke yo mba…tu fotone cah banyumanik di
    tampilkan aja eheheh…

  6. siip mbanget mas…kt juga hoby mancing,biasanya kt di mankang pake perahu ke tengah ya…disekitar kapal2 sandar kayulapis..lumayan kerang kerongnya gde2..kapan2 kt bisa gabung

  7. mas aq sebenere pengen mancing di sana, tapi dnger2 pengalaman orang2 n kabar2 ktanya ngeri, aq jg gaz brani, hehehe. aq byasanya ceplek di tempat aman, kaya di rumpon marina. tapi ikane gax terlalu gede.dam tahu takut kesamber bledek.enake nyeplek neng di mas sing aman

  8. numpang ya mas rinto
    buat papieko yg di kaliwungu/kendal.

    mancing di kayu lapis jalannya susah nggak ya ////???? klo pakai mobil parkirnya dimana, pengin ngrasain sensainya kakap n krapu, cos biasanya sensasi bandeng n ikan ikan tawar lain, he he

    mas agus, ambarawa

  9. malem all..
    pemula nih….ajakin mancing donk di wilayah semarang…cos baru pindah kesini….lg dapet hobi baru dari temen…tapi masih cupu banget..ajarin dooonk 081217473366 ronald

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s