Boman's Fishing Trip

Perjalanan Mancing Boman

Pantaskah Ode Ini Untukmu?

on 13 August 2007

Dari Mite Sasak–Cupak-Gerantang

Inaq bagai tak bosan berkeluh tentangmu

Sama tak bosannya denganku yang setia mendengarnya

Belulang Inaq terasa hancur setiap hari

mencari dan sediakan bergentong-gentong nasi, pun lauk

sampai besar dan dewasa begini

masih tak cukup jua semua makanan itu diperutnya

entah berkah Tuhan yang Serba Kuasa

sandingkan aku sebagai adikmu, si sabar penahan segala

cukup beberapa suap nasi untukku

ganjal punggung tetap tegak

sekian teguk air untuk lega tenggorokanku

syukur pada Yang Kuasa, aku tumbuh sama besar denganmu

keluh Inaq, sabar aku, akhirnya dihadiahi Sang Kuasa

Tuan Puteri di Istana Raja, dikurung raksasa disebuah gua

siapapun pemuda negeri ini

sanggup selamatkan puteri dari raksasa

akan dijadikan suami Sang Puteri

dan warisi singgasana Raja

Cupak, kakakku..Dengan tenaga ekstranya

sombong berucap, hanya dia yang pantas selamatkan puteri

bergentong-gentong nasi berikan aku tenaga ekstra

berkendi-kendi air segarkan darah mudaku

berjuta vitamin buah dan sayur, jadikan ku kuasa

taklukkan raksasa, yang kan sembah didepanku

namun, sombong hanya bisa terucap

sabar dan ikhlas bertahunlah yang meresap dijiwa

hanya Tuhan Snag Kuasa penolongku

dengan bekal ikhlas dan sabar bertahun

tubuh dan jiwa yang biasa ini

hanya ingin menolong Tuanku Puteri

saat tiba dimulut gua, Cupak paksaku masuk

namun, Tuhan Serba Kuasa, buat raksasa tunduk kalah olehku

“Wahai Gerantang, adikku…

sekian tahun kau mengalah untuk laparku yang menggila

kiranya ikhlas pula kau berikan Tuan Puteri

tentu Engkau tetap jadi adik terbaikku…”

keluh Inaq semakin tak terhenti, wahai Cupak kakakku

sampai kapankah hidupku mengalah demimu

hanya atas hendak Sang Kuasa, Puteri jujur pada fakta

dia keras pilih aku, yang nyata kalahkan raksasa

..dan kembali, Cupak kakakku yang rakus

lebih tunduk kalah pada isi perutnya

habiskan bergentong-gentong nasi, berkendi-kendi air

hanya saja, Inaq sudah tak perlu bersusah payah

lumbung istana telah gantikan belulangnya yang tua..

Note:

  1. Inaq : Ibu, pengucapan dalam bahasa Sasak, suku diPulau Lombok, NTB.
  2. Dongeng Cupak-Gerantang cukup akrab dimasa kecilku. Bahkan, gua tempat sang puteri dikurung, pernah aku kunjungi saat praktek Divisi Penelusuran Gua. Satu divisi dari kelompok Pecinta Alam yang aku ikuti dikampus dulu.
  3. Mite adalah puisi yang terisnpirasi dari dongeng2 tradisional.

Leave a Reply

