Boman's Fishing Trip

Perjalanan Mancing Boman

Kemenangan Sempurna di Karimun Jawa

on 27 October 2009

Sabtu pagi 24 Oktober 2009. Untuk kali kedua, Tim GNP kembali berangkat menuju Karimun Jawa. Mengikuti Lomba Mancing Piala Bupati Karimun Jawa 2009, 24 sampai dengan 25 Oktober 2009.

Trunul 12.2Kg

Trunul 12.2Kg

Kali ini, tim inti sebagian besar masih sama dengan tim yang berangkat tahun 2008 lalu. Pak Eko, Wiwid, Eko-Katak, Arief dan saya sendiri. Minus Pak Joko.

Seperti yang diprediksikan banyak pihak, cuaca Sabtu tidak terlalu bersahabat.  Angin kencang dan arus yang cukup deras, memaksa penyeberangan Kapal Cepat Kartini menjadi cukup lama. 3 jam lebih. “Bayangkan saja. Angin kencang dari arah timur dan arus deras dari barat, bertemu ditengah-tengah. Silakan pikir sendiri gambaran persisnya,” jelas Katak, saat sama-sama nikmati susu jahe, sepulang dari Karimun, Minggu malam.

Kenyataannya, angin dan arus masih juga cukup deras, bahkan dimalam hari. Namun, saya tak ingin sia-siakan waktu dengan tidur. Meski sudah cukup rutin melakukan trip mancing ke laut, trip ke Karimun hanya sesekali saja. Dan biasanya hanya saat lomba seperti ini.

Jadi, saya habiskan malam Minggu dengan memancing dasaran. Hitung-hitung untuk menambah tip bagi kapten kapal yang digunakan tim. Syukurlah, strike dasaran malah sangat bagus. Beberapa ekor kerapu, kerang-kerong dan kakap setelapak tangan berhasil saya naikkan.

Dari strike sepanjang Sabtu, tim samasekali belum ada bayangan akan meraih satu gelar juara. Belum ada ikan target yang cukup untuk ditimbang. Minggu pagi, 25 Oktober, cuaca cukup bersahabat. Saatnya trolling. 3 joran mulai diturunkan dengan umpan rapala X-Rap, ukuran variasi antara cd10 sampai yang terbesar cd12. Berdasarkan hasil trip sport fishing ke Lombok saat libur lebaran lalu, kami fokus menggunakan rapala kombinasi warna orange-putih, serta merah-putih.

Beberapa saat trolling, strike! Eko-Katak tak mau membuang waktu. Tanpa ampun, ikan target diajar secepat mungkin. 2 joran lainnya segera kami angkat, agar Eko-Katak fokus mengajar ikan. Tak lama, kakap merah 3.6kg berhasil dinaikkan. Senyum kami mulai mengembang. Harapan untuk bisa meraih salah satu gelar mulai kembali.

Matahari mulai merambat naik. Deadlline waktu timbang di pukul 12 siang tinggal beberapa jam lagi. Ikan terberat kami masih kakap merah, hasil hook-up Eko-Katak. Belum ada lagi strike berikutnya.

2 jam menjelang deadline, kami bergegas kembali kearah dermaga. Meski hanya berbekal kakap merah 3.6kg, kami sudah cukup pasrah. Namun, kami tak putus berusaha. Saya masih ingat sekali, keberuntungan almarhum Pak Frans E Drutten, saat memasang set troling, hanya setengah jam selepas meluncur dari dermaga. Kali ini saya berharap keberuntungan yang sama. Yang berbeda, set troling kami pasang menuju arah pulang ke dermaga.

Joran Triton Game-kerekan Penn dan senar 30lbs Varivas dipegang Arief. Umpan yang terpasang, masih Rapala X-Rap cd 12, kombinasi warna orange-putih. 1 seperempat jam menjelang dermaga, Arief berteriak,”Nyangkut nih! Senarnya tidak bisa ditarik lagi!”

Segera, semua dari kami terfokus pada Arief.

“Sik, lambatkan kapal!” Entah siapa yang berteriak. Yang jelas, kapten kapal tetap mengikuti instruksi.

“Tenang Rif! Jangan ditarik dulu. Sesuaikan drag reel-nya!”

Dan nampaklah dikejauhan, kilau punggung ikan yang berontak lepaskan sangkutan umpan dimulutnya.

“Trunul! Strike!”

Kami semua langsung mulai fokus.

“Ajar dengan tenang, Rif!”

“Ikan juara Rif! Jangan sampai lepas!”

“Hidup Arief!”

Teriakan-teriakan semangat dan dukungan tanpa sadar terucap begitu saja dari bibir-bibir kami. Akhirnya, Arief bisa dapatkan efek rajinnya dia fitness selama ini. Trunul(barakuda) 12.2kg berhasil diajar dan dinaikkan dalam 10 menitan. Alhamdulillah.

“Naikkan semua joran dan beresi semua set pancing!” Pak Eko, leader tim tak buang waktu lagi. Ikan target juara sudah aman dikapal. Saatnya bergegas menuju dermaga dan segera menimbang ikan. Harapan meraih satu gelar juara sudah tampak pasti. Bahkan, jika ditambah dengan kakap merah 3.6kg, bukan tidak mungkin tim kami juga meraih salah satu gelar juara harapan. Semoga

Benar saja. Saat merapat didermaga, tim-tim lain tampak mencuri pandang ke ikan perolehan kami. Dan angka 12.2kg ditunjuk dengan jelas oleh jarum penimbang. Setelahnya sudah terasa tak penting. Sudah semakin tak sabar menunggu sesi pemotretan pemberian hadiah. Kali ini, Pak Eko yang mewakili tim untuk menerima hadiah.

3 Besar Juara Lomba bersama Bupati Jepara

3 Besar Juara Lomba bersama Bupati Jepara

Tak lupa, kami sempatkan beberapa kali foto dengan Pak Dudit. Produser Ekesekutif juga presenter acara favorit kami, reality show Mancing Mania di tv Trans-7.

Ditambah momen bersama Pak Dudit ini, kemenangan yang kami raih terasa sempurna.

Bersama Pak Dudit Widodo

Bersama Pak Dudit Widodo

Perjalanan pulang menuju Semarang menjadi tidak membosankan lagi. Tak sabar segera sampai kerumah dan berbagi berita gembira ini pada keluarga. Sesampai di Sawunggaling Raya, basecamp Tim GNP, perayaan kecil segera terjadi. Beberapa rekan mancing dari Suren-Banyumanik datang menikmati beberapa suguhan kecil. Rasanya tak habis-habis ceritakan keberhasilan strike ikan juara. Sedikit penutup, semoga diacara yang sama di tahun depan, Tim GNP masih bisa mempertahankan keberhasilan dan kesuksesan di tahun ini. Amin


3 responses to “Kemenangan Sempurna di Karimun Jawa

  1. ronny says:

    baca postingannya jd pengen ksono lg neh..karimun mang yahuuudddd… eh ikan dibakar dipinggir pntai mantab tuh

  2. […] club, prestasi tertinggi kami memang baru sebatas juara di Lomba Mancing tahunan, piala Bupati Karimun Jawa. Bukannya tak ingin mengikuti lomba-lomba mancing lainnya. Tetapi […]

  3. klub mancing laut semarang apa saja ya dan ada alamatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: